Individu

Andewi Suhartini ARAH DAN TUJUAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Penelitian ini berbentuk kualitatif dan bersifatdeskriptif-eksploratif dengan pendekatan hermeneutik dan paedagogik dengan analisis isi sebagai teknik analisis datanya. Sumber data primer, yaitu Ihyâ’ ‘Ulûm al-Dîn, Fâtihat al- ‘Ulûm dan Ayyuhâ al-Walad dan Permendikbud nomor 54 tahun 2013 tentang SKL dan sumber data sekunder, yaitu kitab-kitab al-Ghazâlî yang lain dan buku-buku lain yang berhubungan dan mendukung penelitian ini.
Secara lengkapnya klik pada judul atau disini
FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN BELAJAR MENURUT PEMIKIRAN AL-GHAZALI
Hasil peneltian yang dapat ditemukan dalam penelitianini adalah Al-Ghazali memandang bahwa ada empat faktor  yang mempengaruhi proses dan hasil belajar, yaitu: (a) kebersihan hati; (b) ketekunan; (c) pemahaman terhadap tujuan, hubungan antar materi pembelajaran dan hubungan antara materi pembelajaran dengan tujuannya; dan (4) hubungan antara pendidik dan peserta didik.
Secara lengkapnya klik  pada judul disini
INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAMI MELALUI PEMBIASAAN PRAKTIK KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KETAATAN IBADAH SANTRI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL MUHAJIRIN CIDADAP, PAGADEN, SUBANG
Titik sentral tugas dan fungsi manusia adalah beribadah kepada Allah. Seluruh seruan dan semua panggilan Islam berfokus menuju kepada peningkatan ketaatan ibadah seorang hamba kepada Allah. Upaya untuk meningkatkan ketaatan beribadah ini dapat dilakukan dengan proses internalisasi nilainilai Islami melalui pembiasaan praktik keagamaan. Nilai-nilai Islami yang dibisakan adalah (a) kejujuran, (b) keadilan, (c) tanggung jawab dan amanah, kerja keras, istiqamah, ikhlash, dan kesabaran.

Secara lengkapnya klik pada judul disini
KEMAMPUAN BERPIKIR ASOSIATIF MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas kemampuan berpikir asosiatif mahasiswa semester V pada mata kuliah Filsafat Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh populasi sebanyak 36 mahasiswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang disebarkan kepada 39 mahasiswa sebagai responden.
Secara lengkapnya klik pada judul disini
Dr. Qiqi Yulianti Zaqiah, M.Ag. STUDI MUTU PEMBELAJARAN
(Analisis Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi
Belajar Ssiswa MTs di Kota Bandung)