News

Pascasarjana UNIGA Bersama Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN SGD Menggelar Webinar “Strategi Pengelolaan Pendidikan Di Era New Normal”


Program Magister Manajemen Pendidikan Islam UNIGA bekerja sama dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar webinar dengan tema: “Strategi Pengelolaan Pendidikan di Era New Normal” yang dilaksanakan melalui aplikasi zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui platform Youtube pada Sabtu (24/7/2021).
Webinar ini menghadirkan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Radhani, MT. sebagai pembicara utama, serta menghadirkan narasumber-narasumber yang luar biasa dan ahli dibidangnya seperti Guru Besar Pendidikan Islam Dekan FTK UIN SGD Bandung Prof. Dr.Hj. Aan Hasanah, M.Ed, Guru besar Administrasi Pendidikan UPI Prof. Dr. Hj. Aan Komariah, M.Pd, serta Kepala Kementerian Agama Kabupaten Garut Dr. H. Cece Hidayat, M.Si.

Direktur Pascasarjana UNIGA Dr. Gugun Geusan Akbar, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan sebagai syiar dan solusi atas berbagai permasalahan khususnya di dunia pendidikan pada era pandemi yang terkena dampak cukup berat. Selain itu webinar ini juga diselenggarakan untuk mempererat kerjasama dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Beliau juga menyampaikan bahwa Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Radhani, MT tidak dapat hadir secara langsung dalam webinar karena ada kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan, namun tetap akan menyampaikan materi melalui rekaman video.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Radhani, MT. dalam materinya menyampaikan bahwa pada masa ini kita telah menghadapi berbagai dinamika perubahan khususnya di bidang pendidikan, maka kita perlu adaptasi untuk menghadapi berbagai perubahan tersebut. “Dengan datangnya badai VUCA sekarang ini, dimana terjadi pergolakan, kebingungan dan ketidak pastian yang membuat kita sebagai tenaga kependidikan bingung dengan apa yang harus dilakukan dan ini menjadi tantangan bagi kita semua.” Jelasnya.

“Ada beberapa strategi yang bisa kita lakukan dalam menghadapinya, diantaranya ada 6C yakni Care, Courage, Communication, Competence, Commitment dan Compassion. Jadi, intinya mari kita sama-sama belajar. Kita dihadapkan pada masalah-masalah yang didasari dari adanya pandemic seperti sekarang, kita mau tidak mau harus siap untuk terus belajar. Kalau kita terus belajar, maka kita adalah pemilik masa depan.” tambahnya.

Sedangkan Guru Besar Pendidikan Islam Dekan FTK UIN SGD Bandung Prof. Dr.Hj. Aan Hasanah, M.Ed, dalam materinya menjelaskan bahwa ada 4 strategi pengelolaan lembaga pendidikan di era new normal, yang pertama adalah meluruskan niat/teologi pendidikan, kedua memperkuat sumber daya manusia, ketiga mendorong adaptable management, dan keempat memutakhirkan sarana dan juga prasarana.

Guru besar Administrasi Pendidikan UPI Prof. Dr. Hj. Aan Komariah, M.Pd, dalam materinya menyampaikan 5 prinsip manajemen perubahan, diantaranya yaitu visi, skill, insentif, sumber daya, dan action plan adalah hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh pengelola pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang baik di era new normal ini.

Dalam pemaparan materinya, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Garut Dr. H. Cece Hidayat, M.Si. menyampaikan bahwa fenomena yang terjadi di Kabupaten Garut khususnya mau tidak mau sudah memasuki era 4.0 dimana seluruh komponen baik itu pendidikan, ekonomi, politik dan lain sebagainya sudah menjadikan teknologi sebagai kebutuhan yang nyata apalagi dalam menghadapi new normal dimana semuanya serba online seperti saat ini.

Leave a comment

Open chat
Ada Pertanyaan atau Keluhan?
LaDuWa FTK
Assalamulaikum
ada yg bisa kami bantu?